Rabu, 13 April 2011

Pentingnya Kalium dalam Tubuh Kita

Related Post



Kenapa saya menulis artikel tentang Kalium? karena pada saat selesai puasa pada bulan Ramadhan 2010 setelah 'Idul Fitri tubuh saya mulai terasa lemah, mulai lemas-lemas dan terasa persendian mulai sakit dan buang air besar bukannya keras malahan berair.Mungkin waktu Puasa saya tidak menjaga kesehatan bayangkan saja tidur jam 6 pagi baru tidur. Kemudian saya mulai cek ke dokter, kata dokter : " ini mah terkena penyakit cikungunya". Setelah itu maulai di beri obat oleh dokter, lalu minum lah oleh saya, ternyata tidak ada kemajuan. Setelah itu pada hari senin saya seperti biasa melakukan sholat seperti biasa tetapi semua pesendian tidak bisa di gerakan dengan baik oleh lalu saya sholatnya dengan duduk, begitu indahnya Islam dengan segala keringannya. setelah solat saya tidur. Pas waktunya magrib saya di bangunkan untuk sholat magrib. Tanpa tidak sadar saya terjatuh lalu tidak sadarkan diri, tiba-tiba sudah ada di rumah sakit. Kemudian sudah di Infus kemudian saya bertanya kepada Dokter,"gimana dok apa penyakit saya?", kemudian dokter menjawab"anda kekurangan kalium, kalium anda tidak normal, karena kalium anda di bawah 2,0". 5 hari saya di rawat di rumah sakit. di bawah ini adalah sekedar informasi bagai mana cara mencegah dan mengobatinya.

Tubuh manusia terdiri atas unsur cairan yang mengandung elektrolit – elektrolit larut. Dalam cairan tubuh harus terdapat keseimbangan antara kation dan anion. Na+ merupakan kation utama dan Cl- serta HCO3- merupakan anion – anion utama di dalam cairan ekstraseluler. Sementara dalam cairan ekstraseluler, K+ dan Mg++ merupakan kation utama dan HPO4- merupakan anion utama bersama protein. Terkadang keseimbangan kation dan anion ini terganggu, apabila terjadi gangguan pada metabolisme tubuh. Misalnya pada penderita hypokalemia, yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalium di dalam tubuh. Gejala kekurangan kalium diantaranya adalah diuresis berterusan, muntah-muntah, kulit kering, jerawat, fungsi kognitif terganggu, kekejangan (spasma) otot, lemahnya tindakan refleks, rasa dahaga, intolerans glukosa, terhambatnya pertumbuhan, insomnia, kolestrol, dan tekanan darah yang rendah.



Kalium merupakan mineral zat mikro yang penting dalam tubuh manusia. Ia membantu dalam kontraksi otot dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel tubuh. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga yang berasal dari protein, lemak, dan karbohidrat pada proses metabolisme.



Unsur Penyebab Kekurangan Kalium:

Diabetes,

Tumor pada kelenjar diatas ginjal,

Rapuhnya pembuluh darah arteri di ginjal,

Pemakaian diuretik.

OBAT DIURETIK adalah:

Diuretik adalah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. Istilah diuresis mempunyai dua pengertian, pertama menunjukkan adanya penambahan volume urin yang diproduksi dan yang kedua menunjukkan jumlah pengeluaran zat-zat terlarut dalam air.



Fungsi utama diuretik adalah untuk memobilisasi cairan udem, yang berarti mengubah keseimbangan cairan sedemikian rupa sehingga volume cairan ekstra sel kembali menjadi normal.



Efek Kekurangan Kalium:

Kondisi Kekurangan Kalium yang berat dapat mengakibatkan kelemahan fungsi otot dan

Tubuh mudah lelah.

Kelemahan otot biasanya terjadi pada otot kaki dan tangan,

Kadang juga mengenai otot mata,

Otot pernapasan,

Otot untuk menelan.

Kedua keadaan terakhir ini dapat berakibat fatal.



Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandungi kalium adalah cara terbaik untuk memperoleh jumlah yang mencukupi. Individu sehat yang mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang jarang sekali memerlukan suplemen tambahan makanan. Sebagian besar buah-buahan, sayur-sayuran dan daging banyak mengandung kalium. Makanan yang mengandung sumber kalium yang tinggi.



MAKANAN (SAYUR dan BUAH) Sumber Kalium:

- Garam potasium

- Pisang (!!!)

- Alpukat (!!!)

- Tomat

- Jeruk

- Melon

- Kentang (!!!)

- Kacang-kacangan

- Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya.



Jangan SEMBARANGAN KONSUMSI, Harus PERHATIKAN Komplikasi Penyakit dari Si PENDERITA.

sumber ( http://www.facebook.com/topic.php?uid=66710896694&topic=12555 )

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar